Rabu, 25 Januari 2012

Awareness (Anthony De Mello)


Hidup adalah suatu pesta.
Dan yang menjadi tragedi adalah kenyataan bahwa banyak orang yang mati kelaparan.Kita dikelilingi oleh sukacita, kebahagiaan, cinta kasih.Tetapi kita sama sekali tidak menyadarinya.(karena kita telah mengalami proses cuci otak/ hipnotis/ terlelap/ tertidur)

Di Balik Topeng Kasih Sayang.
Kasih sayang, belas kasih sebenarnya adalah kepentingan pribadi  (diri sendiri) yang terselubung di balik topeng altruisme.

Tiga jenis tindakan mementingkan diri sendiri;
Pertama. Bila saya memberikan kesenangan kepada diri saya untuk menyenangkan diri sendiri (pusat perhatian dunia sekeliling).
Kedua. Bila saya memberikan kesenangan kepada diri saya untuk menyenagkan orang lain (merupakan tindakan mementingkan diri sendiri yang sudah diperhalus).
Menjadi sulit dikenali, terselubung dan berbahaya; kita merasa hebat, berbuat baik, dll.Oleh karena itu jangan berpikir bahwa Anda hebat. Anda adalah orang sangat  biasa tetapi mempunyai selera tinggi dan halus.Selera Anda bagus, tetapi bukan kualitas spiritual Anda.
Ketiga (dan terburuk). Saya melakukan sesuatu yang baik supaya saya tidak merasa tidak enak.
Anda tidak merasa senang melakukannya, sebaliknya Anda merasa tidak enak melakukannya.

Ilusi Mengenai Orang Lain.
Kita membayangkan seseorang/ orang yang kita kenal/ berada di sekliling kita adalah baik.
Ternyata dia/ mereka tidak sebaik  yang kita bayangkan.Seperti  kita yang “tertidur” merekapun “tertidur”.
Apakah yang sedang mereka cari ? Kepentingan mereka sama seperti kepentingan kita.

Buanglah ide – ide semu.
Ide – ide yang merupakan ilusi mengenai kenyataan. Lihatlah orang lain secara transparan – apa adanya.
Sama seperti kita melihat diri kita secara transparan. Maka kita akan mencintai mereka.
Bila kita sudah menyatu dengan realitas, kenyataan hidup, kita tidak akan pernah dikecewakan.

Mengamati Diri
Bila Anda sudah siap untuk mendengarkan, Bila Anda sudah siap untuk menantang ide – ide Anda,
Hal terpenting adalah “mengamati diri”. Mengamati berarti meneliti segala sesuatu yang terjadi di dalam diri Anda dan di sekeliling Anda seluas mungkin dan mengamatinya seakan – akan hal itu terjadi pada orang lain. Hal yang membuat Anda menderita karena perasaan tertekan dan cemas,karena Anda menidentifikasi diri dengan perasaan tersebut.

Menyadari Tanpa Menilai Segala Sesuatu
Menemukan Diri Anda Sendiri. Siapakah Saya ? Apakah Saya ?

Melucuti Diri sampai Menemukan Jati Diri
Penderitaan bukan cuma disebabkan keinginan akan sesuatu,tetapi juga karena Anda mengidentifikasikan diri dengan keinginan. Penderitaan terjadi dalam “peran – peran” Anda. Jika Anda mengidentikan  “jati diri” Anda dengan peran – peran Anda, maka Anda akan merasakan penderitaan.

Label
Hal terpenting bukanlah mengetahui ”siapakah” atau “apakah” saya? Tidak ada kata – kata yang dapat dipakai untuk menjelaskan hal itu.  Hal penting yang perlu dilakukan adalah meleucuti “label – label” yang melekat pada “saya”“Jangan mencari kebenaran, tetapi  buanglah pendapat – pendapat Anda. Lepaskan diri Anda dari teori – teori.”Kebenaran bukanlah sesuatu yang Anda cari. Berhentilah berpendapat, Anda akan menemukan kebenaran. Bila Anda melepaskan diri dari semua label yang melekat pada diri Anda. Anda akan menemukan “jati diri” yang sesungguhnya.

Penderitaan merupakan tanda bahwa Anda sudah terlepas dari kebenaran. Anda tertidur. Penderitaan diberikan supaya Anda dapat membuka mata Anda untuk  melihat kebenaran, Supaya Anda mengerti bahwa dalam bagian tertentu dalam kehidupan ini ada kepalsuan. Penderitaan muncul pada saat Anda mengalami benturan dengan kenyataan hidup. Bila ilusi Anda berbenturan dengan kenyataan, ketika kepalsuan hidup Anda berbenturan dengan kenyataan hidup.

Perasaan Negatif Terhadap Sesama
Jika Anda tidak mempunyai perasaan negatif, Anda dapat bertindak lebih efektif. Bila dikuasi oleh perasaan negatif, Anda akan  menjadi “buta”. Peran – peran Anda akan mempengaruhi dan mencemari Anda.
Bagaimana Kebahagiaan Terjadi ? Kembalilah kepada diri Anda. Amati diri Anda.
Pada saat ilusi Anda mulai terkuat, Anda berhadapan dengan hal – hal yang tidak dapat diuraikan dengan kata – kata. Dan hal itu bernama “kebahagiaan”.

Penyadaran. Penyadaran. Penyadaran.
Kualitas hidup Anda akan berubah. Lebih sedikit bereaksi dan lebih banyak beraksi. Anda jauh lebih bersemangat, jauh lebi bergairah hidup.

Hanya ada sau alasan mengapa Anda tidak mengalami kebahagiaan pada saat ini, Hal ini terjadi karena Anda memikirkan dan memusatkan perhatian Anda pada hal – hal yang tidak Anda miliki.
Apakah Anda ingin bahagia ? Kebahagiaan yang langgeng (sejati) adalah kebahagiaan yang tidak bersebab.
Kebahagiaan merupakan keadaan dir kita yang alami.

Anda tidak perlu melakukan apapun untuk memperolehnya, karena sudah berada di dalam diri Anda. Mengapa Anda tidak mengalaminya ? Karena untuk mengalaminya, Anda perlu melepaskan sesuatu. Anda harus melepas ilusi Anda.

Hidup sebenarnya sederhana, mudah, penuh dengan kegembiraan. Hidup terasa sulit jia hanya dikuasai oleh ilusi, ambisi, keserakaan.Yang terjadi karena Anda mengidentifikan diri dengan segala macam label yang melekat pada diri Anda.

Empat Langkah Menuju Kebijaksanaan.
Pertama. Kenali perasaan negatif yang ada di dalam diri (mungkin tidak Anda sadari).
Kedua. Pahami bahwa perasaan negatif itu ada di dalam diri Anda dan bukan dalam realitas.
Ketiga. Jangan mengidentifikasikan diri dengan perasaan negatif itu.
Keempat. Pahami bahwa bila Anda berubah, maka segala sesuatu akan berubah pula.
Bagaimana Anda mengubah hal – hal di sekeliling Anda ? bagaimana Anda mengubah diri Anda ? (Dunia terasa baik, karena Anda merasa baik).

Bangun Jadilah dirimu sendiri
Saya tidak akan membiarkan Anda memanipulasi saya.
Saya akan menjalani hidup saya dengan cara saya sendiri.
Saya akan mempertahankan kebebasan untuk memikirkan gagasan – gagasan saya.
Saya akan mengikuti kecenderungan hati dan selera saya.
Saya berani untuk mengatakan “tidak” dan itu bukan karena perasaan “negatif” yang timbul.

Bagian dari “bangun” adalah menjalani hidup yang menurut Anda dengan cara yang Anda anggap sesuai.
Hal ini tidak egois atau mementingkan diri sendiri. Mementingkan diri sendiri adalah menuntut orang lain hidup sesuai dengan selera Anda, atau untuk kebanggan Anda, atau keuntungan Anda, ata untuk kesenangan Anda. Ketika kesadaran tumbuh, Anda makin sedikit “bereaksi” dan makin sering “beraksi”.

“Bangun”(kebahagiaan),  keadaan di mana Anda terbebas dari ilusi/ khalayan Anda. Lepaskan ilusi Anda, pandanglah segala sesuatu apa adanya, padanglah realitas apa adanya. Setiap kali Anda merasa tidak bahagia, Anda menambahkan sesuatu pada realitas. Anda telah menambahkan sesuatu ... suatu reaksi negatif dalam diri Anda. Kenyataan memberikan stimulus, dan Anda memberikan reaksi, dengan memberi reaksi,  Anda menambahkan sesuatu. Dan bila diperhatikan, di sana selalu ada ilusi, ada tuntutan, harapan, kebutuhan.

Makna yang Mendasar
Pengalaman yang sangat menyeangkan membuat hidup menjadi indah. Pengalaman yang menyakitkan membawa manusia ke arah pertumbuhan.Penderitaan menunjukanbagian dari diri Anda yang belum berkembang, yang perlu Anda kembangkan, transformasikan, dan diubah.

Keinginan, Bukan Preferensi
Jangan menekan keinginan atau hasrat, karena Anda akan kehilangan gairah hidup.Keinginan dalam arti kata sehat adalah “energi”. Jangan menekan energi, pahamilah. Jangan menekan/ menyangkal objek keinginan Anda (justru akan semakin terikat), Pahamilah. Lihatlah hakikat sesungguhnya dari objek keinginan itu.
Bila Anda mengamati dan melihat apa makna sesungguhny darikeinginan tersebut, Dan bila Anda memahami dan menyiapkan bathin Anda untuk menghadapi kemalangan, kekecewaan, perasaan tertekan, maka keinginan Anda akan diubah menjadi preferensi (pilihan).

Terikat pada Ilusi
Bila Anda terikat pada sesuatu, hidup Anda akan hancur; Bila Anda terpaku pada sesuatu, Anda sudah berhenti hidup.
Ilusi  “Kebahagiaan sama dengan perasaan meluap – luap”Gejolak perasan munculsaat seseorang dapat memenuhi keinginannya. Keinginan menimbulkan kecemasan, cepat atau lambat akan menimbulkan perasaan yang tidak enak.
Ilusi “orang lain dapat membuat Anda memahami ilusi Anda (guru/ pembimbing rohani, dll.)”
Ilusi “Merupakan hal penting untuk dihormati, dicintai, dihargai, dianggap penting”Banyak orang berpendapat bahwa kit amempunyai  dorongan dasar untuk dicintai, dihargai, dan diterima. Bebaskan dari ilusi itu dan anda akan menemukan kebahagiaan.Kita mempunyai dorongan dasar untuk ‘bebas’ dan dorongan dasar untuk ‘mencintai’, tapi bukan untuk dicintai.
Ilusi “Kejadian di sekeliling Anda mempunyai keuatan untuk menyakiti Anda, bahwa orang lain mempunyai kekuatan untuk menyakiti Anda.”
Ilusi “Anda adalah orang yang sama dengan semua label yang diberikan oleh orang – orang di sekeliling Anda atau label yang Anda sendiri berikan.”
Bila Anda “bangun”, Anda akan menemukan bahwa Anda hidup di saat ini, menikmati setiap saat dalam kehidupan Anda.(Anda mendengar simfoni nada demi nada tanpa ingin berhenti pada salah satu nada)

Merangkul Masa Lalu
Apapun bentuknya, suatu hubungan sesungguhnya menagndung dua hal: “kejelasan persepsi” dan “ketepatan dalam memberi tangapan” Bila Anda persepsi Anda mengalami gangguan maka Anda mempunyai kecenderungan untuk memberi tanggapan yang tidak tepat.

Apa yang sebenarnya membuat saya jatuh cinta kepada orang tertentu? Karena Anda sudah mengalami proses pengkondisian. Jatuh cinta sama sekali tidak ada hubungannya dengan cinta sejati. Jatuh cinta bukanlah cinta, tetapi suatu hasrat (berkobar – kobar),  perasaan meluap – luap. Hal pertama yang kita perlukan adalah kejelasan persepsi. Salah satu penyebab mengapa kita tidak dapat mempersepsi orang – orang dengan jelas adalah fakta bahwa emosi kita menghalangi kita, pengkondisian yang kita alami, rasa suka dan tidak suka. (bergumul dengan ide- ide,  konsep/ konsep, kesimpulan – kesimpulan)

Jangan terus membawa – bawa pengalaman masa lalu, juga pengalama yang menyenangkan.Pelajarilah arti mengalami sesuatu sepenuhnya, kemudian lepaskanlah dan bergeraklah ke saat berikutnya.Anda akan mengenali apa yang dimaksud dengan kehidupan abadi, kehidupan abadi adalah saat ini; sesuatu yang tidak terikat oleh waktu.

Menjadi Konkret
Setiap konsep (kata – kata) yang dimaksudkan untuk semakn mendekatkan dengan realitas, dalam kenyataannya justru menghambat kita mendekati realitas. Kata – kata tidak identik dengan realitas.
Konsep dapat diterapkan pada sejumlah individu. Konsep bersifat universal. Konsep tidak dapat menangkap keunikan, kekonkretan. Manusia sesungguhnya sesuatu yang konkret.
(krishnamurti) “ Pada saat Anda mengajarkan nama burung kepada seorang anak, anak itu tidak akan pernah melihat burung itu lagi.”
Bila Anda tidak melihat benda – benda melalui konsep Anda, maka Anda tidak pernah merasa bosan dengan benda – benda itu. Setiap benda unik.Konsep sangat membantu untuk menuntun Anda menuju realitas, tetapi pada saat Anda tiba di sana, berhadapan dengan realitas, Anda harus memahami atau mengalami realitas itu secara langsung.

Konsep itu statis, sementara realitas selalu bertambah.Pada sat Anda menangkap realitas dalam bentuk konsep, realitas itu berhenti mengalir.Konsep merupakan sesuatu yang beku, realitas mengalir (contoh: badai, gelombang, air terjun, dll.) Realitas merupakan keutuhan, konsep (kata – kata) memecahkan menjadi kepingan- kepingan. Untuk dapat memahami realitas, Anda harus mengetahui melampaui pengetahuan.

Bagaimana cara keluar dari penjara Anda sendiri ?
Latihan “spiritual , keluar dari penjara konsep dan kata – kata. Lihatlah; sediakan waktu untuk mengamati. Memperhatikan segala sesuatu Bersentuhanlah dengan realitas. Keluar daripola yang kaku yang telah terbentuk, Keluar dari pemikiran dan kata – kata yang selama ini tertanam. Melihat realitas seperti seorang anak  melihatnya untuk pertama kali.

Realitas yang sudah disaring
Kita selalu menyaring hal – hal yang masuk ke dalam diri kita.  Siapakah yang melakukan proses penyaringan ?Pengkondisian, budaya, pemrograman, bahasa; termasuk pula keterikatan, hasrat, kebutuhan yang sangat kuat/ kecanduan (merupakan akar dari kesedihan).
Hanya ada satu jalan, Anda harus menghapus program yang sudah ada.Dengan cara, Anda menjadi sadar mengenai proses pemrograman yang sudah terjadi. Anda tidak dapat mengubahnya dengan usaha/ kemauan/ ideal – ideal/ kebiasan baru. Tingkah laku Anda mungkin berubah, tetapi bukan diri Anda. Anda dapat berubah hanya bila Anda menyadari dan mengerti. Anda mampu melihat kenyatan apa adanya (tidak ada kekerasan lagi dalam upaya mengubah diri).

Satu – satunya cara berubah adalah dengan mengubah pemahaman Anda. Apa artinya memahami ? Bagaimana dapat mencapainya ? Lepaskan keterikatan Anda.

Cinta yang Merupakan Kecanduan
Bagaimana mungkin Anda mencintai seseorang bila Anda membutuhkan orang itu ? Anda hanya memanfaatkan orang – orang  tersebut. Saya hanya dapat mencintai orang jika saya sudah dapat mengosongkan diri saya dari orang – orang itu.

Melepaskan kendali
Obat bius yang dapat membuat kecanduan; penerimaan, perhatan, keberhasilan, prestise, kekuasaan, dll.
Merasakan hal – hal tersebut membuat kecanduan dan menjadi takut kehilangan.Menjadi terpengaruh/ tergantung orang lain dan kehilangan kebebasan.Orang yang sudah bangun tidak melangkah mengikuti pukulan genderang masyarakat. Orang yang menari mengikuti nada – nada musik yang muncul dalam dirinya sendiri.

Gagasan yang Terselubung
Ada perbedaan antara pengetahuan dan kesadaran.“Pada saat Anda berhenti melakukan perjalanan, Anda sudah tiba di tujuan.”Anda tidak perlu pergi kemanpun karena  sebenarnya Anda sudah tiba di tujuan.
Hati – hati pada gagasan terselubung; pemuliaan ego, ingin perasaan senang, mencapai tujuan, termasuk menentukan tujuan untuk memperoleh ‘kesadaran’. Sikap yang seharusnya;  Saya ingin menyadari, menghadapi, apapun yang terjadi; bila saya dapat bangun, sadar itu baik dan bila saya tetap telena, tidak sadar, itu baik juga.

Wawasan Pemahaman
Jangan Memaksakan Sesuatu
Menjadi Nyata


Akhir dari Analisis
Ada perbedaan antara analisis dan kesadaran; informasi dengan wawasan. Informasi bukanlah wawasan, analisis/ pengetahuan  bukanlah kesadaran.(contoh informasi ttg bahaya rokok tidak menyebabkan seseorang berhenti merokok, tetapi kesadaran seseorang ttg bahaya rokok akan membuatnya berhenti merokok). Bukan diri saya (me) yang mengubah diri saya (me). Perubahan terjadi melalui diri Anda, di dalam diri Anda. (Anda tidak melakuan perubahan).
Mencecap – merasakan kebenaran. Bila Anda mempunyai “rasa” mengenai hal itu, Anda berubah. Bila Anda hanya mengetahuinya di dalam kepala Anda, Anda tidak berubah.

Mati Sebelum Ajal
Supaya dapat benar – benar hidup, caranya adalah melalui kematian. Pandanglah masalah yang dihadapi dari sudat pandang seakan – akan Anda sudah meninggal.

Daerah Kasih Sayang
Bila Anda ingin mencintai, Anda harus belajar melihat dengan jernih. Dan untuk dapat melihat dengan jernih, Anda harus melepaskan diri dari kecanduan. Lepaskan ketergantungan Anda. Anda tetap berada di dunia ini , tetapi Anda tidak akan lagi ditentukan oleh dunia ini. Anda bebas Anda tetap dapa menikmati kehadiran orang lain sepenuh hati, tetapi tidak tergantung. Dipengaruhi orang lain sebagai penentu kebahagiaan/ penderitaan. Dalam kesendirian, kesunyian, ketergantungan Anda hilang. Kemampuan untuk mencintai akan muncul.
 “Anda melihat dengan visi yang jernih dan tidak tertutup oleh ketakutan dan keinginan”. Anda akan mengetahui artinya mencintai. Anda harus melewati padang gurun kematian, karena untukmencintai sesama
Berarti kebutuhan Anda akan sesama harusmati dan Anda benar – benar sendiri.

Bagaimana Anda sampai ke tempat itu ?
Dengan kesadaran terus menerus, dengan kesabaran dan kesetiaan tanpa batas. Dengan mengembangkan selera terhadap hal – hal baik dalam hidup untuk mengimbangi kebutuhan Anda akan obat bius.

Apakah yang dimaksud dengan hal – hal baik ?
Mencintai pekerjaan yang Anda nikmati pada waktu Anda melakukannya demi cinta itu sendiri.
Mencintai kegembiraan dan keakraban dengan orang – orang tertentu (tidak tergantung secara emosional), tetapi menikmati persahabatannya
Melakukan kegiatan yang begitu Anda cintai, sehingga pada sat melakukannya,keberhasilan, pengakuanm pujian sama sekali tidak berarti apa – apa.
Kembali ke alam (keheningan, menyatu dengan alam).
Latihan spiritual (memandang benda – benda, menyadari benda – benda yang ada di sekliling Anda); kata – kata/ konsep – konsep akan terlepas, dapat mengobati kesepian.
Kembalilah pada benda – benda,kembalilah ke alam.

Mulanya akan terasa berat, selanjutnya merekah menjadi cinta. Hati Anda akan dipenuhi nyanyian. Anda akan bebas, Anda akan memahami arti kebebasan, arti cinta, arti kebahagiaan, arti realitas, arti kebenaran, arti Tuhan.


summary; Awareness, Anthony De Mello. ks.27.01.2012




Tidak ada komentar:

Posting Komentar